Selasa, 01 Mei 2012

LIMAS


LIMAS

 1. Pengertian Limas
        Limas adalah bangun ruang yang alasnya berbentuk segi banyak (segitiga, segi empat, atau segi lima) dan bidang sisi tegaknya berbentuk segitiga yang berpotongan pada satu titik. Titik potong dari sisi-sisi tegak limas disebut titik puncak limas.
       Seperti halnya prisma, pada limas juga diberi nama berdasarkan bentuk bidang alasnya. Jika alasnya berbentuk segitiga maka limas tersebut dinamakan limas segitiga. Jika alas suatu limas berbentuk segi lima beraturan maka limas tersebut dinamakan limas segi lima beraturan.
       Sebuah limas pasti mempunyai puncak dan tinggi. Tinggi limas adalah jarak terpendek dari puncak limas ke sisi alas. Tinggi limas tegak lurus dengan titik potong sumbu simetri bidang alas.


Berikut ini adalah beberapa contoh lain dari limas


 a. Sisi/Bidang
        Dari gambar tersebut, terlihat bahwa setiap limas memiliki sisi samping yang berbentuk segitiga. Pada limas segiempat E.ABCD, sisi-sisi yang terbentuk adalah sisi ABCD (sisi alas), ABE (sisi depan), DCE (sisi belakang), BCE (sisi samping kiri), dan ADE (sisi samping kanan).

 b. Rusuk
            Limas memiliki 4 rusuk alas dan 4 rusuk tegak. Rusuk alasnya adalah AB, BC, CD, dan DA. Adapun rusuk tegaknya adalah AE, BE, CE, dan DE.
 c. Titik Sudut
         Jumlah titik sudut suatu limas sangat bergantung pada bentuk alasnya. Setiap limas memiliki titik puncak (titik yang letaknya atas). Limas segitiga memiliki 4 titik sudut, limas segiempat memiliki 5 titik sudut, limas segilima memiliki 6 titik sudut, dan limas segienam memiliki 7 titik sudut. Bisa dibilang titik sudut limas adalah :
            Segi alas (segi n) + 1

 2. Sifat-Sifat Limas
 
Untuk bentuk limas tertentu, misalnya limas segitiga atau limas segiempat, ada beberapa sifat yang perlu kamu ketahui. Gambar limas (a) menunjukkan sebuah limas segitiga D.ABC. Pada limas segitiga D. ABC, semua sisi limas tersebut berbentuk segitiga. Coba kamu amati sisi-sisi limas ABC, ABD, BCD, dan ACD. Semuanya berbentuk segitiga. Jika limas segitiga memiliki semua sisi yang berbentuk segitiga samasisi, maka limas tersebut disebut limas segitiga beraturan.
     Perhatikan limas segiempat E. ABCD pada Gambar limas (b) di samping. Dari gambar tersebut terlihat bahwa limas segiempat memiliki alas berbentuk persegipanjang. Sesuai dengan sifatnya, setiap diagonal persegipanjang memiliki ukuran yang sama panjang. Jadi, limas segiempat memiliki diagonal alas yang sama panjang. Pada gambar limas (b) panjang diagonal alas AC dan BD memiliki ukuran yang sama panjang

 4. Jaring-Jaring Limas
         Seperti bangun ruang lainnya, jaring-jaring limas diperoleh dengan mengiris beberapa rusuknya, kemudian direbahkan.
·         Jaring – jaring limas segi empat



·         Jaring- jaring limas segi tiga

·         Jaring – jaring limas segilima


   5. Luas Permukaan Limas
        Sama halnya dengan prisma, luas permukaan limas pun dapat diperoleh dengan cara menentukan jaring-jaring limas tersebut. Kemudian, menjumlahkan luas bangun datar dari jaring-jaring yang terbentuk.
         Secara umum, luas permukaan limas adalah sebagai berikut.
               Luas permukaan limas = luas alas + jumlah luas sisi-sisi tegak

      6. Volume Limas
           Rumus volume limas dapat dinyatakan sebagai berikut.
                       Volume limas = 1/3 × luas alas × tinggi

7.  Aplikasi Limas dalam Kehidupan sehari-hari

            Limas sudah banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah Museum Lourve di Paris, Piramida di Mesir dan Candi Prambanan di Indonesia

Museum Louvre (Musée du Louvre) di Paris, Perancis, adalah salah satu museum terbesar dan paling terkenal di dunia. Gedungnya, bekas sebuah istana bangsawan, terletak di pusat Perancis antara sungai Seine dan Rue de Rivoli. Lapangannya kini terdapat piramida gelas Louvre. Sebagian dari istana tersebut dibuka sebagai museum pada 8 November 1793, pada saat Revolusi Perancis.

Piramida Mesir adalah sebutan untuk piramida yang terletak di Mesir yang dikenal sebagai "negeri piramida" sekalipun ditemukan situs piramida dalam jumlah besar di Semenanjung Yucatan yang merupakan pusat peradaban Maya.

Candi Prambanan adalah candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi Prambanan merupakan kelompaok candi yang dibangun oleh raja-raja Dinasti Sanjaya pada abad IX. Ditemuklannya tulisan nama Pikatan pada candi ini dibangun oelh Rakai Pikatan yang kemudian diselesaikan oleh Rakai Balitung berdasarkan prasasti berangka 856 M.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar